Pages

Kamis, 31 Januari 2013

Sejarah Telepon



Telepon merupakan suatu peralatan komunikasi yang sekarang sudah begitu biasa dilingkungan kita. Dengan menggunakan telepon, penyebaran informasi menjadi mudah. Orang-orang dibelahan dunia dapat saling berkomunikasi menggunakan telepon, meski jaraknya cukup jauh. Sejak ditemukan, telepon telah tumbuh dan berubah sesuai dengan kebutuhan manusia yang terus berkembang.
Telepon merupakan alat komunikasi dua arah, yaitu dapat menerima dan mengirim data atau informasi melalui media transmisi. Sekarang telepon terus berkembang. Dengan terus berkembangnya zaman,awalnya telepon rumah yang mempunyai kabel,  sekarang berkembang telepon genggam yang tanpa menggunakan kabel
Telepon diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Bell bersama Watson asistennya melakukan uji coba percakapan telepon pertamanya. Mereka berada di ruangan yang berbeda dan melakukan percakapan melalui pesawat telepon. Pada tanggal 7 Maret 1876, Bell menerima hak paten atas system dan alat telepon ciptaannya itu.
Dan pada tahun 1877, seorang banker bernama Roswell C. Downer membangun jaringan telepon komersil pertama yang menghubungkan rumah dengan kantornnya. Pada tahun 1910, cikal bakal telepon seluler muncul. Itu ditemukan oleh Lars Magnus Ericsson. Dia erupakan pendiri perusahaan Ericsson yang kini dikenal dengan perusahaan Sony Ericsson.
Pada tahun 1960, sebuah perusahaan di Finlandia yang bernama Fennis Cable Works, yang semula berbisnis dibidang kabel melakukan ekspansi dengan mendirikan perusahaan elektronik yang bernama Nokia sebagai handset telepon seluler.
Tahun 1969, system telekomunikasi seluler dikomersilkan.perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan didominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu, Ericsson, Nokia dan Motorola.
Pada tahun 1970, telekomunikasi seluler semakin sering dibicarakan dan terus mengalami perkembangan. Motorola mengenalkan telepon genggam tiga tahhun kemudian. Ukurannyamemang cukup besar dengan antenna pendek. Penciptaan ini sekaligus diklaim sebagai penemuan ponsel pertama.
Dengan semakin berkembangnya zaman, banyak muncul perusahaan-perusahaan yang memproduksi telepon genggam. Mereka berlomba-lomba menciptakan telepon genggam yang terbaik dan berlomba-lombamenarik pengunjung.
Sekarang pun banyak jenis, bentuk dan fasilitas-fasilitas didalam telepon genggam yang terus mengalami perkembangan. Yang awalnya bentuknya besar deengan memmiliki antenna sekarang mengalami perkembangan menjadi lebih tipis, tidak lagi terdapat antena bahkan sekarang bannyak telepon genggam layar sentuh. Fasilitas yang disediakan pun bermacam-macam mulai dari kamera, fasilitas untuk online, wi-fi dan masih banyak lagi.
Banyak perusahaan-perusahaan telepon genggam yang bermunculan mulai dari Cross, Nexian, dan masih banyak lagi.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info. thx u

Unknown mengatakan...

Nice.... Izin copas yaaa,, thankyou :))))))))))))))

Unknown mengatakan...

izin copas maz!!!

Posting Komentar