Pages

Jumat, 23 November 2012

Logo Apple


Sebelum membahas logo dari apple, keta cari tahu dulu ya tentang ide mengapa lambangnya harus buah apel, bukan buah pisang atau manggis atau buah yang lain. Kenapa ya….???
Banyak orang ingin tahu di mana nama “Apple Computer” berasal, karena ini adalah nama unusal bukan untuk sebuah perusahaan komputer.
Steve Jobs datang dengan nama pada tahun 1976 awal. Pada waktu itu, dia sering mengunjungi dan bekerja di peternakan teman kecil milik nya tahun. Itu adalah hippie sebuah komune di mana Steve menghabiskan beberapa bulan dari.
Ketika ia kembali dari salah satu penginapan, dia menceritakan tentang Steve Wozniak idenya . Jobs mungkin sedang bekerja pada plantages apel. Atau ia hanya ingin startup mereka berada di depan Atari di buku telepon. Atau itu merupakan penghargaan untuk Apple Records, label musik The Beatles.
Apapun asal benar nama itu, Woz langsung tahu bahwa mereka akan mendapat masalah dengan Apple Records cepat atau lambat. Tetapi karena mereka tidak dapat menemukan nama yang terdengar lebih baik dari Apple Computer, nama yang dipilih.
kekhawatiran Woz ternyata dibenarkan. Apple Computer, Inc digugat oleh Apple Records atas pelanggaran merek dagang pada tahun 1989

 
Logo Apple yang pertama didesain oleh Ron Wayne, yang juga merupakan pendiri Apple. Logo Apple yang pertama terlihat agak rumit.logo itu menggambarkan Newton berdiri di bawah pohon pengetahuan terlarang (jaman Adam & Hawa). Steve Jobs berpikir bahwa logo itu sedikit terlalu intelektual dan terlalu detail, yang membuat logo itu sulit diingat.
ini hanya digunakan untuk I. Apple Steve Jobs merasa bahwa itu terlalu intelektual dan hampir mustahil untuk memakai komputer sebagai salah satu hanya bisa mengakui rincian gambar saat itu cukup besar.
Oleh karena itu, pada tahun 1977 Jobs meminta desainer seni Rob Janoff untuk desain logo Apple baru. Logo baru memiliki bentuk sederhana dari sebuah Apple, menggigit, dengan warna pelangi dalam urutan yang salah. Gigitan yang melambangkan knowlegde (dalam Alkitab apel itu adalah buah dari pohon pengetahuan) dan menggigit juga bisa diucapkan “byte”, sebuah referensi untuk teknologi komputer. Warna-warni melambangkan kemampuan komputer Apple II yang dapat menampilkan warna lebih banyak.
Pemilihan warnanya melambangkan vibrasi & energi. Kesalahan urutan warna dalam logo baru itu bukanlah sesuatu tidak disengaja melainkan lambang “keluar dari aturan baku” atau dengan kata lain kebebasan dan keberanian perusahaan dalam merevolusi teknologi.


Ketika Jean Louis Gassée ditanya tentang pikirannya logo Apple ia menjawab: “Salah satu misteri yang mendalam untuk saya adalah logo kami, simbol nafsu dan pengetahuan, menggigit, semua disilangkan dengan warna pelangi dalam urutan yang salah. Anda tidak bisa mimpi dari logo yang tepat lagi: nafsu, pengetahuan, harapan, dan anarki “.
Pada tahun 1997, Steve Jobs memutuskan untuk drop berwarna Apple logo-multi dan menggantikannya dengan sebuah logo berwarna solid agar minimalis dan mengikuti jaman. Apple pertama komputer untuk menampilkan logo baru adalah G3s PowerBook baru pada tahun 1998 (meskipun mereka masih menampilkan kedua jenis logo). Dan jadilah logo Apple seperti sekarang ini.

Berpulangnya Steve Jobs sang Founder Apple Inc, membuat banyak orang penasaran seputar gigitan di logo Apple komputer. Menurut keterangan Rob Janoff yang diambil dari situs creativebits, gigitan apel itu hanyalah sebuah variasi saja. Menurutnya, logo itu tidak punya arti khusus, yang dia lakukan hanya mendesain apel dengan kreatifitas yang dimilikinya. Anehnya, meski Rob Janoff sudah menjelaskan, banyak orang belum yakin. Dan jadilah logo buah apel yang digigit tetap menjadi sebuah misteri.
Ada banyak opini yang menjadi misteri gigitan di logo Apple. Berikut beberapa di antaranya:
-Logo dengan buah apel tanpa digigit akan terlihat seperti buah jeruk, maka untuk membedakannya, dibuatlah apel yang digigit sebagai logo mereka.
-Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.
-Ada juga yang mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas memori komputer, yaitu mega byte, terra byte.
-Filosofinya, apel diumpamakan sebagai ilmu pengetahuan. Gigitannya adalah simbol kalau manusia tidak bisa memakan semua ilmu, tapi hanya sebagian saja.
-Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon).
-Terinspirasi dari kisah manusia pertama, Adam dan Hawa. Apple merupakan buah sumber pengetahuan.
-Beberapa orang percaya, Steve adalah penggemar berat The Beatles, dan dia pun mencontek logo itu dari salah satu album The Beatles.
-Berawal dari kebiasaan Steve yang vegetarian dan suka memakan buah apel. Saat dia memutuskan untuk mendirikan perusahaan bersama sahabatnya (Wozark), simbol apellah yang digunakan.

-Ada juga yang berpendapat bahwa saat anda melihat merek Apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan dan elegannya produk Apple.

0 komentar:

Posting Komentar