Pages

Jumat, 23 November 2012

Penemu E-mail


Raymond Samuel Tomlinson (lahir 1941) adalah programmer AS yang menerapkan sistem email pada tahun 1971 di ARPANET. Itu adalah sistem pertama bisa mengirim surat di antara pengguna di host yang berbeda terhubung ke ARPAnet. (Sebelumnya, surat dapat dikirim hanya kepada orang lain yang menggunakan komputer yang sama.) Untuk mencapai ini, ia menggunakan tanda @ untuk memisahkan pengguna dari mesin mereka, yang telah digunakan dalam alamat email. Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan.
Email pertama Tomlinson dikirim merupakan e-mail perobaan. Itu tidak bertahan tersimpan dan Tomlinson menggambarkannya sebagai tidak signifikan, sesuatu seperti "QWERTYUIOP". Ini biasanya salah kutip sebagai "e-mail pertama adalah QWERTYUIOP". Tomlinson kemudian berkomentar bahwa "pesan uji adalah sepenuhnya dilupakan dan saya, karena itu, melupakan mereka." Pada awalnya, sistem pesan email-nya tidak dianggap sebagai masalah besar. Ketika Tomlinson menunjukkan kepada rekannya Jerry Burchfiel, ia berkata "Jangan bilang siapa-siapa! Ini bukan apa yang kita seharusnya kerjakan.
Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, tapi keluarganya segera pindah ke desa kecil wilayah hukum dari Vail Mills, New York. Ia menghadiri Sekolah Broadalbin Tengah di Broadalbin dekatnya, New York. Kemudian ia menghadiri Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York di mana ia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Ia menerima gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik dari RPI pada tahun 1963. Setelah lulus dari RPI, ia masuk Institut Teknologi Massachusetts untuk melanjutkan pendidikan teknik elektro nya. Di MIT, Tomlinson bekerja di Grup Komunikasi Pidato dan mengembangkan synthesizer analog-digital pidato hibrida sebagai subyek tesis Sarjana. Dia menerima S.M. di bidang Teknik Elektro tahun 1965.
Pada tahun 1967 ia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman, sekarang BBN Technologies, di mana dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Jaringan Control Protocol dan implementasi TELNET. Dia menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Tomlinson diminta untuk mengubah program disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk dijalankan pada TENEX. Dia menambahkan kode yang diambilnya dari CPYNET untuk dilakukan SNDMSGâ € sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer lain - email pertama.

Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University). Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari Akademi Internasional Seni Digital dan Ilmu untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame. Pada tahun 2002 Discover Magazine diberikan kepadanya Penghargaan Inovasi. Pada tahun 2004, ia menerima Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker. Pada tahun 2009, ia bersama dengan Martin Cooper dianugerahi penghargaan Pangeran Asturias untuk penelitian ilmiah dan teknis. Pada tahun 2011, dia terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide dari MIT.. Pada 2012, Tomlinson dilantik ke dalam Hall of Fame Internet oleh Masyarakat Internet.
Email atau surat elektronik atau pos elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Alamat surat elektronik mengidentifikasikan lokasi surat elektronik untuk mengirim pesan. Istilah "alamat surat elektronik" juga digunakan untuk registrasi untuk situs. alamat surat elektronik Internet modern biasanya berbentuk nama@contoh.com. Cara membacanya adah "nama at contoh dot com". Bagian sebelum tanda @ adalah bagian alamat lokal, dan setelah tanda @ merupakan alamat domain, seperti yahoo dan hotmail. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

0 komentar:

Posting Komentar